Layanan pelanggan adalah salah satu pilar bisnis kuno selain pemasaran dan branding yang efektif. Hal ini mungkin terasa begitu mendarah daging sehingga Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan inovasi di sini dibandingkan di bidang lain. Namun, layanan pelanggan adalah sesuatu yang, jika ditingkatkan, akan menawarkan lebih banyak hal kepada Anda daripada yang mungkin Anda alami saat ini.
Sejauh mana Anda berinteraksi dengan pelanggan pada awalnya adalah sesuatu yang akan bergantung pada detail operasi Anda, namun meskipun jumlah tersebut rendah dibandingkan dengan industri lain, beberapa interaksi tersebut akan berdampak.
1. Pengalaman Pelanggan
Mungkin juga Anda tidak menganggap banyak operasi Anda melibatkan layanan pelanggan. Namun, itu semua adalah bagian dari pengalaman pelanggan. Perhatian yang Anda berikan terhadap kualitas produk atau layanan Anda akan memengaruhi pengalaman ini, begitu pula pertanyaan tentang penyampaian, pemasaran, keterlibatan, dan cara mereka berinteraksi dengan aplikasi dan situs web Anda. Jadi, komitmen terhadap kualitas mungkin bermanfaat dalam beberapa hal, namun begitu juga dengan penekanan pada kemudahan penggunaan dan peningkatan, seperti yang dapat Anda lihat dengan menerapkan Masuknya Kubernetes di platform digital Anda.
2. Menanggapi Negatif
Ketika pelanggan menyampaikan keluhan atau keluhan, akan mudah untuk bersikap defensif. Tentu saja, jika mereka melakukan hal ini dengan cara yang kasar atau tidak konstruktif, Anda harus paham bahwa ini adalah cara yang tidak dapat diterima dalam memperlakukan staf Anda. Bahkan dalam situasi seperti ini, penting bagi Anda untuk tidak memperburuk situasi dengan menyamakan nadanya – Anda harus melakukannya tetap tenang dan bersikap tegas. Namun, ketika rasa frustrasi itu datang karena merasa dirugikan dan diungkapkan dengan cara yang lebih konstruktif, Anda harus bekerja sama dengan mereka untuk mencapai kesimpulan yang sesuai dengan mereka.
3. Berikan Opsi
Saat Anda memikirkan tentang umpan balik pelanggan dan bagaimana mereka dapat menghubungi Anda ketika ada masalah, wajar jika Anda menyertakan halaman kontak di situs web atau aplikasi Anda. Ini penting, tetapi opsi masuk nomor telepon dan alamat email mungkin tidak terlalu berguna. Obrolan web sering kali merupakan penyertaan yang baik karena memungkinkan orang untuk melewati antrean apa pun yang mungkin termasuk dalam penangguhan, sekaligus memungkinkan mereka untuk bersikap tegas dan jelas tentang bantuan apa yang mereka perlukan. Campuran tim otomatisasi dan layanan pelanggan mungkin digunakan di sini.
4. Pelatihan Staf
Jika anggota staf Anda jarang berinteraksi dengan pelanggan, pelayanan pelanggan mungkin tidak akan menjadi bagian dari pelatihan mereka. Artinya, ketika situasi ini muncul, mereka mungkin tidak merasa memiliki tingkat kepercayaan yang sama dalam menangani berbagai dampak yang mungkin terjadi. Oleh karena itu, meskipun situasi yang mungkin timbul jarang terjadi, memastikan bahwa staf Anda dapat menangani interaksi dengan cara yang selaras dengan apa yang ingin Anda kaitkan dengan merek Anda adalah hal yang terpenting.